Kamis, 26 Maret 2009

Sehat Dengan Berpuasa

Anda pernah berpuasa? Memang bagi orang yang tak terbiasa, berpuasa bisa menjadi kegiatansulit untuk dijalani. Apalagi jika Anda memutuskan untuk berpuasa total, alias tidak makandan minum dalam jangka waktu yang cukup lama, misal sampai 6 jam atau lebih.
Namun, ibarat mengistirahatkan mesin kendaraan agar tidak cepat aus karena sering dipakai, maka demikianlah manfaat puasa itu bagi tubuh kita.
Puasa berarti:
1. Memberi kesempatan seluruh sistem tubuh (jantung, perut, usus, buah pinggang, paru-paru, pankreas) untuk beristirahat. Setelah berpuasa, organ-organ tubuh itu seolah mendapatkan kembali kekuatan sehingga sistem mampu bekerja lebih efektif dan efisien.
Jantung dan pembuluh darah dapat beristirahat karena tidak harus bekerja keras untuk memompa darah menuju organ tubuh dan sistem pencernaan.
2. Membantu mengembalikan keseimbangan pengeluaran hormon dan kelenjar-kelenjar anggota tubuh.
3. Membuang racun dari dalam tubuh. Salah satunya melalui bau mulut dan pori-pori kulit, sehingga kulit nampak lebih muda dan bersinar
4. Membakar dan mengeluarkan bahan-bahan yang tidak diperlukan, sehingga dapat mencegah pertumbuhan yang tak wajar di dalam tubuh seperti tumor dan bengkak.
5. Menyegarkan kembali semua sistem dan mengembalikan kemudaan sel, jaringan otot dan pembuluh darah. Puasa juga dapat memperlambat proses penuaan dan memperpanjang usia.
6. Pikiran lebih jernih, mempertajam penginderaan, dan memperbaiki daya ingat. Perut kosong tidak membutuhkan banyak darah untuk pencernaan, sehingga darah dapat dialirkan lebih banyak ke otak.
7. Membantu melenyapkan dorongan merokok dan minum minuman beralkohol. Makan yang terlalu banyak akan menegangkan syaraf.
Relaksasi biasanya dicari melalui rokok dan alkohol. Puasa akan mengendurkan syaraf sehingga melenyapkan keinginan untuk merokok dan minum beralkohol.
8. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
9. Mengendurkan syaraf, itu berarti juga dapat mengurangi kekhawatiran. yang

Setelah membaca begitu banyak manfaat positif dari berpuasa, maka tak ada salahnya bukan jika Anda mulai rutin melakukannya. Toh, itu demi kesehatan Anda sendiri. Selamat berpuasa!